Social
media berupa situs jejaring sosial Twitter merupakan situs yang sedang
populer di seluruh dunia. Menurut Elcom (2010:1), Twitter adalah jejaring
sosial yang dapat memberikan update (pembaruan)
berbagai informasi melalui status yang disebut sebagai tweets. Kesederhanaan tampilan dan keringkasannya dalam 140
karakter tidak membuat pengguna kesulitan dalam mengakses berbagai informasi.
Pengguna Twitter justru dapat leluasa mengakses berbagai informasi yang paling up-to-date.
Berbagai fitur ditawarkan oleh situs
jejaring sosial Twitter. Salah satu fitur yang menarik adalah trending topics, yaitu sebuah fitur yang
menampilkan daftar topik yang sedang menarik perhatian banyak pengguna Twitter
(Huberman dkk., 2011:1). O’reilly dan Milstein (2009:63) menyatakan, trending topics memuat daftar sepuluh
peringkat teratas kata paling populer yang terdapat pada tweets pengguna Twitter dalam waktu tertentu. Daftar trending topics diperbarui setiap
beberapa menit, khusunya ketika terdapat topik baru yang menjadi populer.
Sebuah
trending topics dapat tercipta apabila
para pengguna Twitter menggunakan beberapa kata yang sama secara berulang-ulang
dalam tweet mereka. Hashtags juga berpengaruh besar dalam
menciptakan trending topics. Menurut
Wu dan Huberman (2007), satu aspek yang membuat topik dapat bertahan lama
adalah sesuatu yang baru atau tidak biasa dari topik tersebut, sehingga
pengguna merasa tertarik dengan topik tersebut. Trending topics dalam Twitter juga dipengaruhi oleh tweet sumber media berita yang di retweet oleh pengguna twitter. Maka
tidak heran apabila topik yang bertahan lama biasanya adalah breaking news, berita tentang selebriti,
dan event berskala internasional.
Menurut
penelitian yang dilakukan oleh Huberman dkk. pada tahun 2011, terdapat dua tipe
orang yang berkontribusi dalam trending
topics. Pertama, sumber yang memulai topik agar menjadi trending topics, dan yang kedua adalah
orang-orang yang bertanggung jawab menyebarkan topik tersebut ke seluruh
jaringan Twitter. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, trending topics terjadi sebagian besar
karena disebarkan melalui seluruh jaringan Twitter. Cara utama untuk
menyebarkan topik tersebut adalah dengan retweet.
31% tweets yang menjadi trending topics adalah hasil retweet. Hal ini sekaligus berhubungan
dengan durasi sebuah topik dapat menjadi tren. Selama para pengguna twitter
melakukan retweet, topik tersebut akan semakin lama bertahan
dalam daftar trending topics.
Jumlah
pengguna Twitter yang mencapai 500 juta pengguna aktif (Lauren, 2012),
mengakibatkan topik sangat bervariasi sehingga dibuat tingkatan pada trending topics. Trending topics memiliki beberapa tingkatan, yaitu trending topics di tingkat kota atau negara
tertentu, trending topics worldwide (seluruh
dunia), dan tailored trends (Lardinois,
2012). Standar opsi trending topics adalah
tingkat worldwide.
Melalui daftar trending topics worldwide para pengguna dapat melihat, memiliki
kesadaran, sekaligus mengetahui hal-hal terkini yang sedang terjadi di seluruh
dunia. Pada tahun 2011, Trending topics worldwide
didominasi dengan beberapa artis ternama seperti Justin Bieber dan Lady
Gaga. Selain itu, juga terdapat topik antara lain Women’s FIFA World Cup, gempa
di Jepang, royal wedding
(WhatTheTrend, 2011).
Presiden
Amerika Serikat Barack Obama melakukan kampanye untuk pemilihan umum melalui
Twitter dan kerap menjadi trending topics
(Bennet, 2012). Twitter dapat menjadi sarana kampanye termurah yang pernah ada.
Walaupun dengan biaya minim, kampanye tersebut dapat tersampaikan kepada warga
Amerika secara lebih efektif dan efisien, bahkan ke seluruh masyarakat dunia.
Melalui
trending topics, berbagai event internasional seperti Olimpiade
2012 di London dan Earth Hour dapat diketahui pengguna di berbagai belahan
dunia. Berita terbaru seputar olimpiade dapat cepat tersebar dan cepat diakses
oleh para pengguna Twitter. Sehingga, jika orang ingin mengetahui perkembangan event olahraga internasional tersebut
tidak perlu pergi ke London. Event
internasional lain, Earth Hour, adalah event
yang menyuarakan untuk menghemat energi dengan cara mematikan lampu selama
60 menit. Terbukti melalui berbagai media sosial khususnya Twitter, event ini dapat sukses di berbagai negara
di dunia sekaligus menyelamatkan bumi dengan penghematan energi yang sangat
besar (The Big Picture, 2012).
Banyak
topik lain yang pernah menjadi trending topics.
Informasi tentang bencana alam juga tersebar dengan cepat melalui Twitter dan
cepat menjadi trending topics
sehingga penduduk dunia dapat cepat menyalurkan berbagai bantuan bagi korban
bencana alam. Selain itu juga terdapat topik seperti berita olahraga, berita
selebritis, sampai promosi sebuah produk.
Trending topics pada
Twitter sangat bermanfaat untuk menyebarkan informasi-informasi penting yang
terjadi di berbagai belahan dunia sehingga pengguna tidak memiliki informasi
yang terbatas. Hal tersebut juga membantu pengguna Twitter dalam mempelajari
dan mengenal seluruh dunia secara lebih dekat.
Daftar
Pustaka
Bennet,
Shea. REVEALED: Twitter’s 10 Most
Retweeted Tweets Of All Time.
Updated by 27 September 2012. Accessed 14 October 2012 at 19:14 WIB. Archieved
at http://www.mediabistro.com/alltwitter/twitter-most-retweets_b29141.
Dugan,
Lauren. Twitter To Surpass 500 Million
Registered Users On Wednesday. Updated by 21 February 2012. Accessed 14
October 2012 at 19:05 WIB. Archieved at
http://www.mediabistro.com/alltwitter/500-million-registered-users_b18842.
Dugan,
Lauren. What Were The Most Popular
Trending Topics In 2011?. Updated by 20 December 2011. Accessed 14 October
2012 at 18:24 WIB. Archieved at http://www.mediabistro.com/alltwitter/what-were-the-most-popular-trending-topics-in-2011-infographic_b16962.
Elcom.
2010. Twitter Best Social Networking. Yogyakarta: Penerbit Andi.
F. Wu and
B. A. Huberman. 2007. Novelty and
collective attention. Proceedings of the National Academy of Sciences of
the United States of America.
Grunert,
Jeanne. Twitter Trending Topics.
Accessed by 14 October 2012 at 16:43 WIB. Archieved at http://socialnetworking.lovetoknow.com/what-is-twittering/twitter-trending-topics.
Huberman,
Bernardo A. dkk. 2011. Trends in Social
Media: Persistence and Decay. EPJ Data Science 2012.
Lardinois, Frederic. Twitter Launches Tailored Trends Based On Your Location And Who
You Follow. Updated by 12 June 2012.
Accessed 14 October 2012 at 18:55 WIB. Archieved at http://techcrunch.com/2012/06/12/twitter-launches-tailored-trends-based-on-your-location-and-who-you-follow/.
Olson,
Dave. What the trend?. Updated by 6
December 2011. Accessed 14 October 2012 at 19:08 WIB. Archieved at http://blog.hootsuite.com/top-twitter-trends-2011/.
O'reilly,
Tim and Sarah Milstein. 2009. The Twitter
Book. Accessed 14 October 2012 at 20:35 WIB. Archieved at http://books.google.co.id/books?id=kHRvB9pp1RwC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false.
The Big
Picture. Earth Hour 2012 Facts, Impact
& Reach Statistics, Historical Facts. Accessed 14 October 2012 at 21:05
WIB. Archieved at http://big.onvab.com/2012/03/earth-hour-facts-statistics-history.html#saving.
No comments:
Post a Comment