Saturday, October 13, 2012

Mengenal Dunia Melalui Trending Topics #bridgingcourse08

          Social media berupa situs jejaring sosial Twitter merupakan situs yang sedang populer di seluruh dunia. Menurut Elcom (2010:1), Twitter adalah jejaring sosial yang dapat memberikan update (pembaruan) berbagai informasi melalui status yang disebut sebagai tweets. Kesederhanaan tampilan dan keringkasannya dalam 140 karakter tidak membuat pengguna kesulitan dalam mengakses berbagai informasi. Pengguna Twitter justru dapat leluasa mengakses berbagai informasi yang paling up-to-date.
            Berbagai fitur ditawarkan oleh situs jejaring sosial Twitter. Salah satu fitur yang menarik adalah trending topics, yaitu sebuah fitur yang menampilkan daftar topik yang sedang menarik perhatian banyak pengguna Twitter (Huberman dkk., 2011:1). O’reilly dan Milstein (2009:63) menyatakan, trending topics memuat daftar sepuluh peringkat teratas kata paling populer yang terdapat pada tweets pengguna Twitter dalam waktu tertentu. Daftar trending topics diperbarui setiap beberapa menit, khusunya ketika terdapat topik baru yang menjadi populer.
Sebuah trending topics dapat tercipta apabila para pengguna Twitter menggunakan beberapa kata yang sama secara berulang-ulang dalam tweet mereka. Hashtags juga berpengaruh besar dalam menciptakan trending topics. Menurut Wu dan Huberman (2007), satu aspek yang membuat topik dapat bertahan lama adalah sesuatu yang baru atau tidak biasa dari topik tersebut, sehingga pengguna merasa tertarik dengan topik tersebut. Trending topics dalam Twitter juga dipengaruhi oleh tweet sumber media berita yang di retweet oleh pengguna twitter. Maka tidak heran apabila topik yang bertahan lama biasanya adalah breaking news, berita tentang selebriti, dan event berskala internasional.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Huberman dkk. pada tahun 2011, terdapat dua tipe orang yang berkontribusi dalam trending topics. Pertama, sumber yang memulai topik agar menjadi trending topics, dan yang kedua adalah orang-orang yang bertanggung jawab menyebarkan topik tersebut ke seluruh jaringan Twitter. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, trending topics terjadi sebagian besar karena disebarkan melalui seluruh jaringan Twitter. Cara utama untuk menyebarkan topik tersebut adalah dengan retweet. 31% tweets yang menjadi trending topics adalah hasil retweet. Hal ini sekaligus berhubungan dengan durasi sebuah topik dapat menjadi tren. Selama para pengguna twitter melakukan retweet,  topik tersebut akan semakin lama bertahan dalam daftar trending topics.
Jumlah pengguna Twitter yang mencapai 500 juta pengguna aktif (Lauren, 2012), mengakibatkan topik sangat bervariasi sehingga dibuat tingkatan pada trending topics. Trending topics memiliki beberapa tingkatan, yaitu trending topics di tingkat kota atau negara tertentu, trending topics worldwide (seluruh dunia), dan tailored trends (Lardinois, 2012). Standar opsi trending topics adalah tingkat worldwide.
            Melalui daftar trending topics worldwide para pengguna dapat melihat, memiliki kesadaran, sekaligus mengetahui hal-hal terkini yang sedang terjadi di seluruh dunia. Pada tahun 2011, Trending topics worldwide didominasi dengan beberapa artis ternama seperti Justin Bieber dan Lady Gaga. Selain itu, juga terdapat topik antara lain Women’s FIFA World  Cup,  gempa di Jepang, royal wedding (WhatTheTrend, 2011).
Presiden Amerika Serikat Barack Obama melakukan kampanye untuk pemilihan umum melalui Twitter dan kerap menjadi trending topics (Bennet, 2012). Twitter dapat menjadi sarana kampanye termurah yang pernah ada. Walaupun dengan biaya minim, kampanye tersebut dapat tersampaikan kepada warga Amerika secara lebih efektif dan efisien, bahkan ke seluruh masyarakat dunia.
Melalui trending topics, berbagai event internasional seperti Olimpiade 2012 di London dan Earth Hour dapat diketahui pengguna di berbagai belahan dunia. Berita terbaru seputar olimpiade dapat cepat tersebar dan cepat diakses oleh para pengguna Twitter. Sehingga, jika orang ingin mengetahui perkembangan event olahraga internasional tersebut tidak perlu pergi ke London. Event internasional lain, Earth Hour, adalah event yang menyuarakan untuk menghemat energi dengan cara mematikan lampu selama 60 menit. Terbukti melalui berbagai media sosial khususnya Twitter, event ini dapat sukses di berbagai negara di dunia sekaligus menyelamatkan bumi dengan penghematan energi yang sangat besar (The Big Picture, 2012).
Banyak topik lain yang pernah menjadi trending topics. Informasi tentang bencana alam juga tersebar dengan cepat melalui Twitter dan cepat menjadi trending topics sehingga penduduk dunia dapat cepat menyalurkan berbagai bantuan bagi korban bencana alam. Selain itu juga terdapat topik seperti berita olahraga, berita selebritis, sampai promosi sebuah produk.
Trending topics pada Twitter sangat bermanfaat untuk menyebarkan informasi-informasi penting yang terjadi di berbagai belahan dunia sehingga pengguna tidak memiliki informasi yang terbatas. Hal tersebut juga membantu pengguna Twitter dalam mempelajari dan mengenal seluruh dunia secara lebih dekat.



Daftar Pustaka
Bennet, Shea. REVEALED: Twitter’s 10 Most Retweeted Tweets Of All Time. Updated by 27 September 2012. Accessed 14 October 2012 at 19:14 WIB. Archieved at http://www.mediabistro.com/alltwitter/twitter-most-retweets_b29141.
Dugan, Lauren. Twitter To Surpass 500 Million Registered Users On Wednesday. Updated by 21 February 2012. Accessed 14 October 2012 at 19:05 WIB. Archieved at http://www.mediabistro.com/alltwitter/500-million-registered-users_b18842.
Dugan, Lauren. What Were The Most Popular Trending Topics In 2011?. Updated by 20 December 2011. Accessed 14 October 2012 at 18:24 WIB. Archieved at http://www.mediabistro.com/alltwitter/what-were-the-most-popular-trending-topics-in-2011-infographic_b16962.
Elcom. 2010. Twitter Best Social Networking. Yogyakarta: Penerbit Andi.
F. Wu and B. A. Huberman. 2007. Novelty and collective attention. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America.
Grunert, Jeanne. Twitter Trending Topics. Accessed by 14 October 2012 at 16:43 WIB. Archieved at http://socialnetworking.lovetoknow.com/what-is-twittering/twitter-trending-topics.
Huberman, Bernardo A. dkk. 2011. Trends in Social Media: Persistence and Decay. EPJ Data Science 2012.
Lardinois, Frederic. Twitter Launches Tailored Trends Based On Your Location And Who You Follow.  Updated by 12 June 2012. Accessed 14 October 2012 at 18:55 WIB. Archieved at http://techcrunch.com/2012/06/12/twitter-launches-tailored-trends-based-on-your-location-and-who-you-follow/.
Olson, Dave. What the trend?. Updated by 6 December 2011. Accessed 14 October 2012 at 19:08 WIB. Archieved at http://blog.hootsuite.com/top-twitter-trends-2011/.
O'reilly, Tim and Sarah Milstein. 2009. The Twitter Book. Accessed 14 October 2012 at 20:35 WIB. Archieved at http://books.google.co.id/books?id=kHRvB9pp1RwC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false.
The Big Picture. Earth Hour 2012 Facts, Impact & Reach Statistics, Historical Facts. Accessed 14 October 2012 at 21:05 WIB. Archieved at http://big.onvab.com/2012/03/earth-hour-facts-statistics-history.html#saving

No comments:

Post a Comment