Saturday, November 17, 2012

Facebook, Media Periklanan Efektif #bridgingcourse11

            Iklan bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Setiap hari kita sudah pasti melihat iklan, baik iklan di televisi, surat kabar atau majalah, di jalan raya, bahkan pada cat dinding sebuah rumah yang menunjukkan brand tertentu. Produk atau jasa yang diiklankan pun sangat beragam, diantaranya produk kecantikan dan jasa asuransi. Karena jumlahnya yang sangat banyak., iklan tersebar dimana-mana.
            Pada sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis, baik dalam bidang produksi barang maupun jasa, pasti terdapat kegiatan periklanan di dalamnya. Susanto (1977:203) menyatakan, “Fungsi periklanan adalah untuk memperoleh pembeli atau pemakai barang atau jasa sebagaimana diharapkan oleh komunikator”. Dengan demikian, jumlah penjualan barang atau jasa pun dapat meningkat dan memperoleh keuntungan lebih besar. Hal ini menyebabkan para pengusaha berlomba-lomba untuk menarik lebih banyak audiens melalui iklan di berbagai media.
            Dewasa ini, hampir seluruh komputer terhubung dengan internet. Dalam dunia internet muncul istilah Electronic Commerce (E-Commerce) atau perdagangan elektronik. Selain akses yang cepat dan murah, cakupan internet adalah secara global atau menyeluruh. Dampaknya, e-commerce dapat dilakukan dengan siapa saja, tanpa terbatas ruang dan waktu. Dengan demikian, e-commerce memiliki pasar yang luas, mulai dari nasional hingga internasional (Suyanto, 2003:50). Pasar yang sangat luas ini menjadi potensi terbesar dari e-commerce.
Layaknya perusahaan yang melakukan bisnis secara offline, para pelaku bisnis e-commerce juga membutuhkan iklan untuk memasarkan barang atau jasanya. Internet merupakan media interaktif, maka iklan dalam internet disebut dengan istilah interactive advertising (Winarno, 2008:210). Sebuah iklan interaktif dapat mencapai pasar yang sangat luas, jauh lebih luas dari iklan melalui televisi atau surat kabar dengan biaya yang lebih murah pula. Iklan interaktif dapat ditampilkan melalui berbagi layanan yang ada dalam internet, salah satunya adalah social networking atau situs jejaring sosial Facebook.
Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang menyediakan layanan advertising atau periklanan. Layanan ini dapat membuat para pengguna Facebook memasang bermacam-macam iklan, antara lain iklan sebuah produk dan sebuah event atau acara tertentu. Delapan tahun sejak kemunculan pertama Facebook sebagai situs jejaring sosial, pada 14 September 2012 Facebook mencapai satu milyar pengguna aktif. Maksud dari pengguna aktif adalah orang yang telah melakukan login ke Facebook dalam jangka waktu 30 hari terakhir (Guynn, 2012). Facebook memanfaatkan potensi dari banyaknya jumlah pengguna yang terus berkembang sebagai target iklan interaktif pada situsnya.
            Pemasangan sebuah iklan tentu membutuhkan biaya, termasuk iklan interaktif dalam Facebook. Biaya pemasangan iklan pada Facebook tentu akan berbeda dengan pemasangan pada sebuah kolom di surat kabar atau di televisi.
            Menurut Dunay dkk. (2011:64), terdapat dua jenis pembayaran untuk pemasangan iklan di Facebook, yaitu Cost Per Impression (CPI atau CPM) dan Cost Per Click (CPC). CPM adalah biaya per seribu tampilan, maka iklan dibayar saat iklan telah ditampilkan sebanyak seribu kali. CPC adalah biaya per klik, maka biaya iklan dibebankan setiap kali ada yang klik iklan tersebut.
Hof (2011) menyajikan data perbedaan rata-rata CPM antara Facebook dan televisi. CPM televisi seharga empat belas dolar, sedangkan Facebook hanya 3,80 dolar. Biaya yang jauh berbeda menunjukkan biaya periklanan Facebook yang rendah, namun memiliki cakupan yang sangat luas karena jumlah penggunanya yang besar sehingga keuntungan akan meningkat. Dengan demikian, akan jauh lebih efektif untuk beriklan di Facebook daripada beriklan di televisi.
Pengiklan di Facebook dapat memilih sendiri jenis pembayaran yang akan mereka gunakan sekaligus memegang kendali penuh atas jumlah yang mereka belanjakan untuk setiap iklan dengan menetapkan anggaran harian atau anggaran masa promosi. Biaya yang dihabiskan tidak akan pernah melebihi anggaran yang sudah ditetapkan oleh pengiklan.
Untuk membuat iklan di Facebook hanya dibutuhkan beberapa langkah sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama.
Pertama, membuat sebuah Facebook page atau halaman Facebook. Halaman berisi segala sesuatu tentang bisnis mulai dari informasi terbaru, foto dan video, penawaran atau promosi tertentu, serta menjadi pusat interaksi dengan pengguna lain di Facebook. Menyukai atau like Facebook Page dibutuhkan agar pengguna yang menyukai halaman dapat tetap terhubung dengan bisnis dan mengetahui setiap update seperti event-event dan promosi.
Kedua, terhubung dengan pengguna lain yang belum menjadi penggemar dalam Facebook page melalui iklan. Untuk terhubung dengan pengguna lain melalui iklan, Facebook memberikan kesempatan bagi para pengiklan untuk menargetkan iklan kepada audiens dengan kriteria tertentu sesuai harapan pengiklan. Kriteria tersebut dapat berupa lokasi, umur, jenis kelamin, dan ketertarikan terhadap hal tertentu. Hal ini dimaksudkan agar pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada orang-orang yang tepat. Penggunaan kriteria menjadikan iklan di Facebook semakin efektif.
Terdapat dua tipe iklan yang umum dalam periklanan Facebook, yaitu standard ad dan sponsored stories. Sesuai dengan namanya, standard ad merupakan bentuk iklan yang paling biasa. Iklan ini biasanya muncul pada kolom sebelah kanan situs Facebook. Sponsored stories atau berita bersponsor adalah pesan yang berasal dari teman yang terhubung dengan suatu bisnis melalui Facebook page. Ketika salah seorang pengguna yang telah menyukai halaman facebok menyukai salah satu post yang dijadikan berita bersponsor, maka post tersebut akan muncul dalam news feed pengguna tersebut. Berita bersponsor membuat iklan di Facebook lebih efektif lagi.
Periklanan dalam Facebook mungkin merupakan pilihan tepat bagi sebuah bisnis. Andrew Lipsman dalam sebuah artikel di situs majalah Time menyatakan, “Facebook ads can absolutely drive advertising effectiveness….” (Gustin, 2012). Walaupun tidak memerlukan biaya yang banyak, namun iklan yang ditampilkan dalam Facebook dapat benar-benar menjadi iklan yang efektif.
Dalam periklanan Facebook, selain biaya yang rendah pihak pengiklan juga memiliki kesempatan untuk menargetkan iklan kepada calon audiensnya dengan kriteria spesifik yang disediakan Facebook, sehingga pesan dapat disampaikan kepada orang yang tepat dan menjadikan Facebook sebagai media yang efektif. Sebagai media iklan sebuah bisnis, Facebook turut berusaha membantu agar iklan-iklan yang ditampilkan dapat berfungsi secara efektif dengan memberikan tips-tips yang sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan Facebook page.



Daftar Pustaka
Buku dan E-Book
Dunay, Paul dkk. 2011. Facebook Advertising For Dummies. Accessed 3 November 2012 at 16:05 WIB. Archieved at http://books.google.co.id/books?id=PcncFE9a9tQC&printsec=frontcover&dq=facebook+page&hl=en&sa=X&ei=0yyWUJWYJInsrAeq9oCoDw&ved=0CEEQ6AEwBA#v=onepage&q&f=false.
Susanto, Astrid S. 1977. Komunikasi dalam Teori dan Praktek Jilid I. Cetakan Kedua. Bandung: Binacipta.
Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.
Winarno, Bondan. 2008. Rumah Iklan. Jakarta: Kompas.

Internet
Advertising on Facebook. 2012. Accessed 2 November 2012 at 10:02 WIB. Archieved at http://www.facebook.com/about/ads/.
Create a Page. 2012. Accessed 2 November 2012 at 10:17 WIB. Archieved at http://www.facebook.com/pages/create.php.
Facebook. 2012. The Power of Facebook Advertising. Accessed 2 November 2012 at 11:51 WIB. Archieved at http://www.facebook.com/business/power-of-advertising.
Gustin, Sam. 2012. Do Facebook Ads Work?. Accessed 3 November 2012 at 05:58 WIB. Archieved at http://business.time.com/2012/08/07/do-facebook-ads-work/.
Guynn, Jessica. 2012. Facebook Hits 1 Billion Users, Reaching Historic Milestone. Accessed 3 November 2012 at 05:11 WIB. Archieved at http://articles.latimes.com/2012/oct/04/business/la-fi-tn-facebook-hits-historic-milestone-1-billion-users-20121004.
Hof, Robert. 2011. Facebook’s New Advertising Model: You. Accessed 2 November 2012 at 19:52 WIB. Archieved at http://www.forbes.com/sites/roberthof/2011/11/16/facebooks-new-advertising-model-you/.
Types of Facebook Advertising. 2012. Accessed 3 November 2012 at 18:51 WIB. Archieved at http://facebook-designers.com/types-of-facebook-advertising/.

No comments:

Post a Comment